Jumat, 14 November 2014

Tugas General Manager Hotel

Diposkan oleh Rozadika Muhammad on Selasa, 04 Juni 2013
Menjadi Seorang General Manager Hotel adalah posisi yang sangat dinginkan bagi para mahasiswa, khususnya bagi para mahasiswa jurusan perhotelan. Tapi, sangat tidak mudah untuk menjadi seorang manager hotel. Tugas dan tanggung jawab seorang Manager Hotel sangat berat. Lagi pula, untuk menjadi seorang General Manager Hotel dibutuhkan pengalaman yang sangat banyak terutama di bidang perhotelan. 
Manajer Hotel (perhotelan) adalah orang yang mengelola operasional sehari-hari dalam manajemen hotel. Hotel besar selalu memiliki tim untuk manajemen, dimana setiap anggota tim berkonsentrasi pada daerah kepentingan tertentu.
Manajer Hotel bertanggung jawab atas operasi yang efisien dan menguntungkan bagi perusahaan mereka. General Manajer Hotel bertugas mengontrol keuangan, rumah tangga, kualitas pelayanan dan makanan, dekorasi dan interior serta pembentukan norma-norma yang harus diikuti oleh staf sambil memberikan layanan mereka kepada para tamu, dll. Sedangkan, tugas dari Asisten Manajer adalah untuk mengawasi operasional sehari-hari dari departemen. hotel besar memiliki Manajer Residen untuk menyelesaikan masalah sepanjang waktu. Di sini para manajer departemen yang berbeda diawasi oleh manajemen puncak.
 
Manajer-manajer hotel merencanakan, mengorganisir dan mengatur operasi hotel, motel dan perusahaan yang sama/sejenis untuk menyediakan penginapan dan fasilitas lainnya kepada tamu Indonesia.
Tugas Seorang Manager Hotel :
  1. Mengatur dan meneliti pemesanan, penerimaan, pelayanan kamar, dan kegiatan pengurus/pelayan hotel
  2. Mengawasi persiapan keamanan, kebun dan pemeliharaan barang-barang
  3. Merencanakan dan mengawasi bar/tempat minum, restauran, dan tempat/ruangan untuk konferensi
  4. Mengamati minuman keras, permainan dan peraturan hukum yang terkait dengannya
  5. Menilai dan memeriksa kepuasan tam
  6. Memeriksa pembukuan dan kegiatan pembelian
  7. Menetapkan pembuatan anggaran.
  8. Mengawasi pemilihan, pelatihan dan pengawasan terhadap staf
  9. Memastikan terpenuhinya standar K3 sesuai dengan peraturan perundang-undangan
  10. Menyediakan informasi wisata lokal dan mengatur trasportasi untuk kunjungan/wisata kepada tamu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar